+62813-7348-9199
pkmgunungmuda.bangka@gmail.com
Jl. Raya Belinyu Desa Gunung Muda
blog-img
16 Februari 2021

MENUJU DESA OPEN DEFECATION FREE PUSKESMAS GUNUNG MUDA MELAKUKAN KEGIATAN PEMICUAN STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN

Admin PKM Gunung Muda | Kesehatan

Gunung  Muda, Februari 2021 dalam upaya mewujudkan Desa ODF 2021, Puskesmas Gunung Muda bekerja sama dengan Pemerintah Desa setempat melakukan kegiatan pemicuan STOP BABS di Desa Gunung Muda dan Desa Riding Panjang.

Wilayah kerja Puskesmas Gunung Muda memiliki 3 wilayah kerja, yaitu Desa Gunung Muda, Desa Riding Panjang dan Desa Lumut. Dari 3 desa tersebut baru satu (1) Desa yang sudah mencapai status ODF yaitu Desa Lumut, sedangkan Desa Gunung Muda dan Desa Riding Panjang belum mencapai Status ODF.

Kegiatan Pemicuan adalah salah cara untuk mendorong perubahan perilaku higiene dan sanitasi oleh individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat. Kegiatan ini didampingi oleh Petugas Kesling, Petugas Promkes, Bidan Desa dan Pemerintah Desa setempat. Kegiatan pemicuan ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya Desa ODF yang berada di wilayah kerja Puskesmas Gunung Muda.

Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higyene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara metode pemicuan. STBM terbagi menjadi 5 Pilar diantaranya :

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
  3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMMRT)
  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT)
  5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT).
Bagikan Ke:

Populer